wordpressAda yang menarik dari pertanyaan-pertanyaan teman-teman seputar WordPress plugins. Mungkin info tentang plugin WordPress kurang lengkap, sehingga masih banyak pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah “bagaimana cara menambah plugin di blog WordPress?”, “Blog WordPress saya kok tidak ada menu plugin?”, “Dimana sih panel untuk menambah plugin? Panel plugin tidak muncul di blog saya…”, dan lain sebagainya.
Sebenarnya Blog WordPress sebenarnya terdiri dari dua, yang pertama WordPress gratis, tak membutuhkan domain dan hosting berbayar. Domain blog WordPress gratis menggunakan sub-domain WordPress.com, jadi apabila kamu membuat blog gratis di WordPress.com maka blog kamu nanti alamatnya kira-kira “namakamu.wordpress.com”. Sedangkan yang satunya adalah WordPress.org, biasa disebut self hosted WordPress blog, atau orang Indonesia menyebutnya WordPress berbayar.


Sebenarnya kedua versi WordPress ini sama-sama gratisnya. Hanya jika kamu menggunakan WordPress.org, kamu bisa mengoptimalkan WordPress sebebas-bebasnya, namun dibutuhkan domain dan hosting (untuk mendapatkanya bisa gratis dan berbayar, namun kebanyakan berbayar). Fitur yang terdapat dalam self hosted WordPress ini jauh lebih lengkap daripada WordPress gratisan di WordPress.com.

Sebagian kelebihan dari WordPress.org adalah berikut ini:

  1. Dukungan plugin.
  2. Custom themes. Custom domain (blog WordPress kamu memiliki alamat domain dot com, misal http://www.gubugreyot.com).
  3. Penambahan Ping services.
  4. Pergantian Permalinks.
  5. Kemampuan SEO yang jauh lebih baik. Dan lain sebagainya.Jadi kesimpulan dari judul diatas, bagaimana menambah plugin di WordPress.com? Jawabannya TIDAK BISA! Ya, WordPress.com memang tidak bisa ditambahi dengan plugin.  Sedikit mengerti kan perbandingan WordPress.com dengan WordPress.org serta dukungan plugin?