icon wordpress

Bagi rekan-rekan yang memiliki blog/website khususnya pengguna wordpress tentu tidak ingin jika blog/website-nya di hack oleh orang lain, untuk itu tidak ada salahnya kita mencoba beberapa tips/cara berikut ini untuk melindungi atau memprotect blog/website kita :

1. Mencermati Plugin
Memang plugin memberikan kemudahan bagi kita untuk menggunakan dan mengelola sebuah blog, namun tentu saja tidak semua plugin itu bagus, jadi intinya anda harus teliti dan cermat dalam memilih plugin ini apalagi dari sebuah web yang meyediakan plugin namun webnya tidak jelas jadi gunakanlah plugin dari web/blog yang meyediakan khusus masalah plugin ini karena siapa tahu ada plugin sebagai mata-mata.


2. Perbaiki Password
Sebaiknya gunakanlah pass yang benar-benar kuat yaitu kombinasi huruf, angka dan lainnya. Namun terkadang cara ini juga masih bisa di tembus, kita bisa menggunakan cara ini juga yaitu mencegah akses langsung ke directori Wp-Content atau Wp-Include.

3. Sembunyikan Versi WordPress
Hal ini sebaiknya kita lakukan karena apabila seseorang itu sudah tahu bug atau cara menembus WP versi tertentu maka tentu saja dia akan dengan mudah untuk menembus versi yang sama.

4. Mengamankan database
Dengan cara membackup database kita, mungkin kita bisa membackup database dengan backup yang sudah tersedia di hosting, dengan begitu kita akan mempunyai cadangan database. Untuk plugin membackup database ini bisa kita dapat di http://wordpress.org/extend/plugins/wp-db-backup/

5. Scan WordPress
Setelah memiliki Plugin backup database sekarang coba kita lakukan scan untuk memastikan apakah instalasi wordpress kita tidak di jumpai celah pada sisi keamanannya. Untuk pluginnya bisa kita lihat disini http://wordpress.org/extend/plugins/wp-security-scan/

Indahnya Berbagi

Sumber:  chyardi.blogspot.com